Selamat Datang Di Gina Blog

Selamat datang di Gina Blog...mari torang berbagi ilmu pengetahuan dan bertukar pengalaman untuk menolong orang banyak dalam bidang kesehatan...

Senin, 16 April 2012

KEKENTALAN DARAH DALAM TUBUH....BAGAIMANA BISA TERJADI??


By : Gina Mesyalinda

Ada satu pertanyaan,Yaitu : "Mengapa kita harus minum air putih banyak-banyak?",sebenarnya jawabannya cukup 'mengerikan' tetapi karena sebuah pertanyaan jujur,maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:
Kira-kira 80 % tubuh manusia terdiri dari AIR. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air diatas 80%.Dua organ paling penting dengan kadar air diatas 80% adalah : OTAK dan DARAH .......!!

Otak memiliki komponen air sebanyak 90 % ......sementara Darah memiliki komponen Air sebanyak 95%.
Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas Air Putih sehari..Jumlah ini harus di tambah bagi seorang perokok.

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni,keringat,pernapasan dan sekresi.Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter perhari ????.Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri....caranya ....?? dengan jalan "mengisap" Air dari komponen tubuh sendiri dari Otak ...?

Belum sampai segitunya (weiii ... bayangkan jika otak kering bagaiman jadinya).............melainkan dari sumber terdekat : Darah !!....
Darah yang diisap airnya akan menjadi kental.Akibat pengentalan darah ini maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang darah encer.Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari Darah),
Ginjal akan bekerja ekstra keras menyaring darah,dan karena saringan dalam ginjal halus,tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada Glomerulus ginjal.Akibatnya,Air Seni anda berwarna kemerahan,tanda mulai bocornya saringan Ginjal,bila dibiarkan terus menerus ...anda mungkin suatu saat harus mengeluarkan 2 jt rupiah seminggu untuk cuci darah.

Bagaimana dengan OTAK ...??
Nah saat Darah Kental mengalir lewat otak,perjalanannya agak tersendat...Otak tdk lagi "Encer" Karena sel2 otak adalah yang paling boros mengkonsumsi oksigen dan Nutrisi............hal inilah yang mengakibatkan "Stroke"

"SEMOGA BERMANFAAT"

Tidak ada komentar: